Memahami Kebudayaan

Kamis, 29 Desember 2011

Pengertian Kebudayaan


Kata "kebudayaan" dalam bahasa inggris adalah "culture", berasal dari kata latin "colere" yang artinya "mengolah atau mengerjakan". maka dapat diartikan "segala daya upaya manusia untuk mengelola alam". Menurut Riswandi.

Kebudayaan berasal dari kata sanskerta Buddhayah yaitu bentuk jamak dari Buddhi yang berarti "budi atau "akal".

Definisi Ilmu Antropologi, "kebudayaan" adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan diri manusia dengan belajar.

Fungsi Kebudayaan adalah :
Mengatur, mengendalikan, dan mengarahkan tingkah laku masyarakat. Memberikan tuntunan dan tuntutan kepada masyarakat. Budaya menuntun masyarakat untuk bertingkah laku sesuai dengan adat istiadat dan menuntutnya jika ia bertentangan atau menyimpang dari norma masyarakat misalnya mendapat pujian.

Wujud Kebudayaan
Menurut J.J Honigmann :
Ada 3 gejala kebutuhan :
Ideas, activities dan artifacts.

Menurut Prof Kuntjaraningrat, tiga wujud Kebudayaan :

1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya. (abstrak, tidak dapat diamati kasat mata).
  •     Lapisan pertama yang paling abstrak yaitu nilai budaya (memberikan penilaian baik-buruk atau positif-negatif terhadap perilaku)
  •   


2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari aktifitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat (sistem sosial) aktivitas_aktivitas manusia yang berinteraksi dari waktu ke waktu (konkrit).

3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia atau kebudayaan fisik (konkrit) seperti mulai dari korek api kayu sampai dengan notebook/I-phone.



0 komentar:

Posting Komentar