Jenis - jenis Kamera

Selasa, 27 Desember 2011

Berdasarkan system pengamatannya

  • Kamera Non refleks adalah kamera yang tidak menggunakan cermin putar. Antara lain kamera langsung jadi (polaroid) dan kamera kompak.
  • Kamera Refleks adalah kamera yang menggunakan cermin putar untuk memantulkan objek pada bidang pengamatannya. Yang termasuk kemera refleks adalah jenis kamera SLR (Single Lens Refleks) atau RLT (Refleks Lensa tunggal) dan kamera TLR (Twins Lens Reflect) atau RLK (Reflect Lensa Kembar)
Berdasarkan Formatnya
Film terdiri dari film negatif dan positif. kedua jenis film tersebut mempunyai ukuran yang berbeda-beda atau dinamakan format film. Format film disesuaikan dengan jenis kamera yang digunakan.

Kamera format 35mm ( Small Format Camera)
Kamera ini menggunakan fomat fil 35 mm. Kelebihannya adalah enak dipegang, flksible dan ringan.
Kekurangannya adalah pada hasil pembesaran foto. Foto yang masih bisa dicetak dengan hasil baik, biasanya hanya seukuran majalah.

Kamera Format 120 mm ( Medium Format Camera)
kamera ini menggunakan format fim 120mm. Umumnya digunakan untuk memotret objek orang, potrait atau foto model.

Kamera Format besar (Large Format Camera)
Kamera format besar biasa disebut view camera. Kamera ini menggunakan fil 4 x 5 inci atau 8 x 10 inci. Umumnya digunakan untuk pemotratan studio dan memiliki bukaan diafagma yang kecil (f/45,f/90). Akibatnya kamera ini mampu menambah ruang tajam gambar sehingga detail gambar semakin baik.
Semakin besar format kamera,semakin baik kemampuannya untuk menyempurnakan gambar. Semakin besar format film, semakin besar kemampuannya untuk menghasilkan gambar yang baik (jika dilakukan pembesaran gambar)

Berdasarkan Sistem Bidiknya

View Camera
View Camera, pembidikan dilakaukan secara horizontal dan langsung pada lensa utama kamera. Proyeksi gambar terbalik dari objek benda yang dibidik. Umumnya, kamera ini digunakan untuk memotret still life di studio karena dapat menyempurnakan perspektif dan menambah ruang tajam.

View Finder Camera (Range finder camera)
Pembidikan camera ini dilakukan secara horizontal dan tidak langsung pada lensa utama tetapi melalui jendela bidik ke objel yang akan dipotret. Penentu jarak (focus) dibantu oleh sebuah lensa kecil yang berada disamping pengamat bidikan sehingga menimbulkan bayangan. Jika gelang pengatur jarak (ring focus) diputar bayangan akan bergerak sampai bersatu dengan objek yang akan dipotret. Lensa utama kamera ini tidak dapat ditukar.

Single Lens reflect (Reflect Lensa tunggal)
Pembidikan kamera ini dilakukan secara horizontal dan berpandangan langsung dengan lensa utama. Lensa berfungsi meneruskan bayangan objek pembidik dan meneruskan bayangan objek ke film. Apabila tombol pelepas ditekan, cermin akan terangkat ke atas sehingga tidak menghalangi objek kedalam fil. Lensa kamera ini dapat dibuka dan diganti dengan lensa lain.

Twins Lens Reflect (Reflect Lensa kembar)
Pembidikan kamera ini dilakukan secara vertical pada bagian atas lensa dan tidak langsung ke lensa utama (lensa bagian bawah). Lensa bagian atas berfungsi untuk menangkap objek yang dipantulkan oleh cermin ke pembidik, sedangkan lensa bagian bawah berfungsi menangkap objek untuk diteruskan ke film. Kedua lensa bergerak bersama-sama sampai objek yang akan di  potret tampak menyatu.

0 komentar:

Posting Komentar